Skip to main content

10 Tempat Wisata Di Solok Sumatera Barat

Welove.id - Solok adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat.
Di Kabupaten Solok sendiri terkenal dengan berasnya yang enaķ dan di kenal dengan sebutan bahasa Minang yaitu Bareh Solok.

Bukan hanya di sektor pangan, tetapi Objek Wisata di Solok Sumatera Barat pun, menjadi perhatiannya tersendiri.
Karena banyaknya tempat wisata di Kabupaten Solok ini, membuat Solok menjadi tempat destinasi untuk berpariwisata bagi wisatawan lokal maupun no lokal.

Kabupaten Solok, Sumbar


Kabupaten Solok adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kabupaten ini merupakan salah satu sentra produksi beras terbesar di Sumatra Barat, yang dikenal dengan nama Bareh Solok.

Secara geografis letak Kabupaten Solok berada antara 00° 32’ 14’’ dan 01° 46’45” Lintang Selatan dan 100° 25’ 00” dan 101° 41’ 41” Bujur Timur. Topografi wilayahnya sangat bervariasi antara dataran, lembah dan berbukit-bukit, dengan ketinggian antara 329 meter – 1 458 meter di atas permuakaan laut.

Kabupaten Solok disamping punya banyak sungai juga memiliki banyak danau yang terkenal dengan pesona keindahan alamnya. Di antara danau-danau tersebut, yang terluas adalah Danau Singkarak, diikuti oleh Danau Kembar (Danau Di atas dan Danau Dibawah) , serta Danau Talang. Disamping itu Kabupaten Solok juga memiliki satu gunung berapi, yaitu Gunung Talang.

Berikut adalah sedikit penjelasan tentang Kabupaten Solok.
Dan bagi teman yang ingin mencari tempat wisata, inilah tempat wisata di Solok yang wajib di kunjungi...

Tempat Wisata Di Solok


1. Air Terjun Kapalo Banda Kapalo Koto Hilalang

Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang merupakan Air terjun yang masih tersembunyi dalam rimba hutan wilayah Kenagarian Koto Hilalang, Kec. Kubung, Kabupaten Solok adalah Air Terjun Kapalo Banda.

Akses untuk menuju air terjun ini tidak terlalu sulit, hanya dengan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki lebih kurang selama 1 jam dari pemukiman penduduk.
Namun anda akan di suguhkan dengan pemandangan yang sangat asri dan tenang.

2. Masjid Agung Al - Muhsinin

Masjid Agung Al-Muhsinin merupakan sebuah masjid terbesar di Kota Solok, terletak menghadap Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah.
Masjid Agung ini memiliki kawasan yang cukup luas, untuk desain arsitektur nya pun menarik, dan tempatnya pun sangat nyaman.
Dan sangat cocok untuk destinasi wisata anda kali ini, ataupun untuk singgah menunaikan sholat dan sebagainya.

Tempat Wisata Danau di Solok


3. Danau Dieteh dan Danau Dibawah

Danau Dieteh dan Danau Dibawah ini terletak di Kabupaten Solok yaitu tepatnya di Alahan Panjang. Danau ini terdiri dari dua buah danau, yaitu Danau Diatas yang terletak di pinggir jalan Padang – Muara Labuh sedangkan yang satu lagi Danau Dibawah terletak di nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang jaya.

Tempatnya sangat menakjubkan sekali, dan ada sensasi yang begitu dingin dan juga kita dapat melihat hamparan perkebunan sayur milik warga yang menjuntang luas.

4. Kebun Teh Alahan Panjang, Solok.

Selain tempatnya yang sejuk, mata Anda akan di manjakan dengan hamparan teh yang hijau dengan bentuk permukaan yang unik, sehingga membuat kita tidak bosan dan ingin datang lagi kesana. Untuk memasuki kebun teh tidak di pungut biaya sedikitpun atau gratis dan terletak di Alahan Panjang Solok, Sumatera Barat.

5. Danau Talang – Solok

Selain kita dapat berwisata di Danau diateh dan dibawah, ada salah satu danau lagi yang terletak di sana namun sedikit berjauhan, tapi masih berada di bawah kaki gunung Talang, yang biasa di sebut Danau Talang.
Karena letak danau ini sangat dekat sekali dengan gunung tersebut.

Dan sangat di rekomendasikan sekali bagi anda pecinta panorama dan ketenangan. Kawasan objek wisata Danau Talang, danau yang tampak indah ini mampu memberikan ketenangan lahir bathin, karena suasananya masih asri dan jauh dari keramaian.

6. Air Terjun Sarasah Batimpo

Air Terjun Sarasah Batimpo terletak di Desa Laing, Tanjung Harapan, berjarak kurang lebih 5 km dari pusat Kota Solok. Air terjun ini berada di lokasi yang cukup strategis dengan view yang indah menjadikan daya tarik. Air terjun ini juga merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati pesona air terjun sambil menikmati ekowisata seperti kolam pembibitan ikan, tempat trekking / hiking, dan berkemah.

7. Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah danau terbesar di Sumatera Barat dan memiliki keindahan yang sangat menawan.
Dan memiliki air yang jernih dan hanya ada 19 jenis ikan yang tercatat dapat hidup di danau ini.

Kita dapat beristirahat di tepinya, karena warga banyak yang berdagang di pinggir danau.
Jadi memudahkan kita untuk membeli sesuatu untuk di makan.

8. Puncak Gobah

Puncak ini berada di ketinggian Nagari Aripan yang menghadap ke Danau Singkarak. Keindahan Panorama Puncak Gobah menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan dengan hamparan persawahan, hutam dan kawasan pesisir bagian selatan Danau singkarak. Di lokasi puncak ini juga dilengkapi oleh sebuah rumah pohon untuk berfoto yang menambah daya tarik pengunjung ke tempat wisata ini.

9. Puncak Gagoan

Puncak Gagoan merupakan sebuah tebing curam nan indah yang terletak di Paninggahan, Junjung Sirih, Solok, Sumatera Barat. Puncak Gagoan ini memiliki keindahan panorama alam yang sungguh menarik dan unik dengan dihiasi oleh batuan karangnya yang terlihat menarik jika kita foto di sini.

10. Rumah Pohon, Laing Park, Solok

Wisata Rumah Pohon Laing Park ini terletak tak jauh dari Kota Solok, Objek wisata ini telah menjadi destinasi wisata baru yang sedang ramai dan populer di perbincangkan serta dikunjungi oleh muda mudi maupun keluarga saat ini. Hal yang menarik di Laing Park ini adalah rumah pohonnya.
Rumah pohon disini menawarkan suasana alam yangsangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Dan demikianlah, Wisata di Daerah Solok, Sumatera Barat.
Jadi tunggu apalagi, yuk buruan pilih mana yang akan jadi destinasi wisata anda tahun ini bersama keluarga atau orang terdekat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar