Skip to main content

Fungsi Kerangka Karangan

 Kerangka karangan adalah rencana teratur tentang pembagian dan penyusunan gagasan. Kerangka karangan yang belum final di sebut outline sementara sedangkan kerangka karangan yang sudah tersusun rapi dan lengkap disebut outline final.

Kerangka karangan merupakan suatu rencana kerja yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan atau tulisan yang akan ditulis atau dibahas, susunan sistematis dari pikiran-pikiran utama dan pikiran-pikiran penjelas yang akan menjadi pokok tulisan.

https://www.lestary.my.id/2021/03/pengertian-kerangka-karangan.html

Atau dapat juga didefinisikan sebagai satu metode dalam pembuatan karangan yang mana topiknya dipecah kedalam sub-sub topik dan mungkin dipecah lagi kedalam sub-sub topik yang lebih terperinci.

Baca :

Pengertian Kerangka Karangan

Dengan adanya Kerangka karangan membantu penulis untuk melihat gagasan-gagasan-gagasan dalam sekilas pandang, sehingga dapat memastikan apakah susunan dan hubungan timbal-balik antara gagasan-gagasan itu sudah tepat.

Nah, berikut di bawah ini pembahasan tentang fungsi dari Kerangka Karangan ini...

Fungsi Kerangka Karangan

  1. Memudahkan pengendalian variabel.
  2. Memperlihatkan pokok bahasan, sub-subbahasan karangan dan memberi kemungkinan perluasan bahasan tersebut sehingga memungkinkan penulis menciptakan suasana kreatif sesuai dengan variasi yang diinginkan.
  3. Mencegah pembahasan keluar dari sasaran yang sudah dirumuskan dalam topik, judul, masalah, tujuan, dan kalimat tesis.
  4. Memudahkan  penulis menyusun karangan secara menyeluruh.
  5. Mencegah ketidaklengkapkan bahasan.
  6. Mencegah pengulangan pembahasaan ide.

Demikianlah pembahasan dari Fungsi Fungsi yang di miliki oleh Kerangka Karangan, semoga bermanfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar