Skip to main content

Doa Niat Puasa Ramadhan 1443 H

 Sebentar lagi bulan Ramadhan akan segera tiba, yang mana kita selalu umat muslim akan melaksanakan Puasa Ramadhan selama 1 bulan, setiap muslim wajib menahan diri dari lapar, dahaga, serta aneka perbuatan yang dapat membatalkan, mulai terbit fajar sampai terbenam matahari (magrib). 

Niat dan doa di bulan Ramadan merupakan tahapan penting dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Niat dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan ataupun menjalankan puasa lainnya.

Doa Niat Puasa Ramadhan 1443 H

Niat doa puasa Ramadan diucapkan sebelum fajar tiba. Beberapa hadis menjelaskan bahwa niat bisa diucapkan malam harinya sebelum sahur atau setelah salat tarawih. Dan berikut Niat puasnya :

Doa Niat Puasa Ramadhan 2022/1443 H

Doa Niat Puasa Ramadhan Arab :

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

Doa Niat Puasa Ramadhan Latin :

"Bismillaahirrahmaannirrahiim, Nawaitu shauma ghadin ‘an adā’i fardhi syahri Ramadhāna hādzihis sanata lillāhi ta‘ālā"

Artinya : Aku berniat puasa esok hari demi menunaikan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala.

Dan mengutip buku Buka Puasa Bersama Rasulullah SAW oleh Muhammad Ridho al-Thurisinai (2010), ketentuan tersebut didasarkan pada hadits Rasulullah yang diriwayatkan Abu Daud.

Barangsiapa yang tidak berniat (puasa Ramadhan) sejak malam (sebelum fajar), maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Abu Daud)

Di kutip dari Kumparan, Untuk Keutamaannya membaca Niat sebelum melaksanakan puasa ramadan adalah berikut ini :

1. Niat Menyempurnakan Amal

Dengan niat, seseorang bisa mendapatkan balasan pahala atas amal baik yang telah dikerjakannya.

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya.”

Hadits tersebut juga diperkuat dengan riwayat yang menegaskan betapa utamanya niat saat hendak menunaikan ibadah. Diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“فمن هم بحسنة فلم يعملها كتبها الله عنده حسنة كاملة.

Artinya: “Maka apabila seseorang berniat melakukan sesuatu kebaikan lalu tidak jadi melaksanakannya, Allah akan mencatat pahalanya di sisi-Nya satu kebaikan sempurna.”

2. Allah Menjanjikan Kebahagiaan

Allah menjanjikan kebahagiaan tersebut melalui surat Al Isra ayat 18-19 berikut ini:

مَنۡ كَانَ يُرِيۡدُ الۡعَاجِلَةَ عَجَّلۡنَا لَهٗ فِيۡهَا مَا نَشَآءُ لِمَنۡ نُّرِيۡدُ ثُمَّ جَعَلۡنَا لَهٗ جَهَنَّمَ‌ۚ يَصۡلٰٮهَا مَذۡمُوۡمًا مَّدۡحُوۡرًا (18) وَمَنۡ اَرَادَ الۡاٰخِرَةَ وَسَعٰى لَهَا سَعۡيَهَا وَهُوَ مُؤۡمِنٌ فَاُولٰۤٮِٕكَ كَانَ سَعۡيُهُمۡ مَّشۡكُوۡرًا (19)

"Siapa yang menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di (dunia) ini apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki. Kemudian Kami sediakan baginya (di akhirat) neraka Jahanam, dia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. Dan siapa menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh, sedangkan dia beriman, maka mereka itulah orang yang usahanya dibalas dengan baik."

3. Niat Lebih Utama Daripada Ibadah

Diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda :

“فمن هم بحسنة فلم يعملها كتبها الله عنده حسنة كاملة.

Artinya: “Maka apabila seseorang berniat melakukan sesuatu kebaikan lalu tidak jadi melaksanakannya, Allah akan mencatat pahalanya di sisi-Nya satu kebaikan sempurna.”

Dan dengan niat, seseorang bisa mendapatkan balasan pahala atas amal baik yang telah dikerjakannya.

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya.

Demikianlah artikel tentang Doa Niat Puasa Ramadhan yang semoga bermanfaat bagi semuanya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar