Skip to main content

11 Cara Agar Baterai Ponsel Tidak Cepat Habis

Ponsel adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa ke mana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

Di jaman sekarang ini, sudah banyak ponsel yang di liris dengan berbagai macam merek dan variasi, tentunya dengan harga yang bermacam - macam pula.

Cara Agar Baterai Ponsel Tidak  Cepat Habis

Mungkin bisa di bilang sekarang ini, bahwa ponsel merupakan teman terbaik saat ini, dan sekarang dari setiap kalangan sudah memiliki yang namanya ponsel.

Jadi untuk menghemat baterai ponse, kita dapat menggunakan cara berikut di bawah ini..

Cara Agar Baterai Ponsel Tidak  Cepat Habis

1. Bersihkan Layar dari Widget

Penggunaan widget yang telalu banyak dan mucul di home screen selain dapat mengganggu tampilan layar, juga dapat membuat baterai pada ponsel menjadi boros. Sebaiknya matikan fitur widget yang betul-betul tidak diperlukan guna menghemat baterai.

2. Matikan Modus Getar

Modus getar pada ponsel dapat menghabiskan lebih banyak baterai daripada mode ringtone. Matikan mode getarnya untuk menjaga agar daya baterai kamu tetap hemat dan awet.

3. Matikan Konektivitas

Pengguna dapat mengaktifkan atau mematikan dengan manual untuk fitur WiFi, paket data dan juga bluetooth. Sebaiknya matikan juga fitur yang tak betul-betul digunakan untuk menghemat daya baterai pada ponsel pengguna.

4. Matikan GPS

GPS merupakan salah satu fitur pada ponsel yang membantu pengguna saat mengandalkan fitur peta. Matikan fitur GPS jika tidak betul-betul digunakan.

5. Hindari Live Wallpaper

Walaupun live wallpaper membuat tampilan layar smartphone menjadi lebih menarik, tetapi nampaknya fitur tersebut justru dapat menguras baterai lebih besar. Untuk membuat baterai lebih awet, pengguna disarankan untuk menggunakan wallpaper statis agar tak menguras baterai dengan berlebihan.

6. Turunkan Kecerahan Layar

Kecerahan layar pada ponsel harus diatur supaya tidak banyak memakan daya baterai. Semakin terang layar, maka semakin besar juga daya yang harus dikeluarkan, ditambah jika pengguna menggunakan resolusi Full HD atau Quad HD. Adapun pengguna dapat menerapkan pengaturan secara manual dan mengatur kecerahan layar agar redup seoptimal mungkin.

7. Persingkat Waktu Standby

Pengguna dapat mengatur supaya ponsel dapat mematikan layar dalam waktu cepat. Dimana pengguna dapat mempersingkat waktu time-out atau standby dengan memilih waktu yang paling pendek, misalnya 15 detik.

8. Area Dengan Penerimaan Sinyal Buruk

Area dengan penerimaan ponsel yang buruk adalah salah satu penyebab mengapa baterai ponsel lebih cepat terkuras. Ponsel terus berkomunikasi dengan menara jaringan terdekat dan mencoba terus terhubung.

Jika tinggal di daerah pedesaan, bekerja di gedung besar, atau sering berada di daerah dengan layanan jaringan yang buruk, kemungkinan besar ponsel akan mati lebih cepat dari biasanya.

9. Aplikasi dan Layanan Latar Belakang

Beberapa aplikasi bisa menghabiskan daya baterai lebih banyak daripada yang lain, seperti YouTube, Netflix, dan layanan streaming lainnya.

Mungkin juga harus menghindari bermain game jika ingin menghemat baterai, terlebih game dengan grafis kelas atas membutuhkan lebih banyak baterai.

10. Update Perangkat Lunak

Jangan menunda pembaruan perangkat lunak yang diberikan pengembang ponsel. Pembaruan perangkat lunak sering kali disertai peningkatan masa pakai baterai, sehingga sebaiknya selalu perbarui ponsel ke versi perangkat lunak terbaru yang tersedia.

11. Layar Ponsel

Layar adalah salah satu komponen utama smartphone yang menggunakan baterai. Panel ponsel kekinian menjadi lebih besar, lebih cerah, dan lebih berwarna sehingga membutuhkan daya lebih banyak.

Demikianlah cara untuk menghemat baterai ponsel kita yang cukup mudah dan dapat di praktekan atau di coba setiap saat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar