Skip to main content

Kriteria Karangka Karangan

 Pengertian kerangka karangan ialah suatu rencana yang teratur mengenai sebuah pembagian dan penyusunan suatu gagasan. Untuk jenis kerangka karangan yang belum mencapai final maka bisa di sebut dengan outline sementara atau garis besar untuk sementara, sedangkan untuk kerangka karangan yang mana sudah tersusun rapi dan juga lengkap, maka biasa disebut dengan outline final.

Kriteria Karangka Karangan

Kerangka karangan ialah suatu rencana kerja yang mana memuat semua garis – garis besar daripada suatu karangan ataupun suatu tulisan yang akan kita tulis atau kita bahas dengan suatu susunan yang sistematis dari sebuah pikiran-pikiran utama dan suatu pikiran-pikiran penjelas yang mana akan menjadi suatu pokok pada tulisan.

Baca :

Dan jika ingin menyusun sebuah kerangka karangan yang baik, maka penulis harus memperhatikan beberapa kriteria, seperti berikut ini...

Kriteria Karangka Karangan

  1. Menggunakan bentuk kerangka standar.
  2. Menggunakan inden atau liurus secara konsisten, dan tidak mengombinasikan bentuk-bentuk tersebut secara bersamaan dalam sebuah kerangka karangan.
  3. Menggunakan pnomoran secara konsisten(angka desimal, angka romawi, kombinasi angka romawi, huruf dan angka arab ).
  4. Setiap judul bab diberi nomor secara konsisten.
  5. Setiap subbab diberi nomor secara konsisten.
  6. Setiap unsur subbab diberi nomor secara konsisten.
  7. Setiap detail unsur diberi nomor secara konsisten.
  8. Penomoran tidak melebihi empat angka(digit).
  9. Kerangka karangan tidak sama dengan daftar isi.

Demikianlah pembahasan tentang Kriteria dalam Kerangka Karangan, sebelum penulis memulai membuat karyanya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar