Skip to main content

10 Keutamaan Sholat Tarawih Di Bulan Ramadan

Di lansir dari Wikipedia, Tarawih adalah salat sunah yang dilakukan khusus hanya pada bulan Ramadan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jamak dari تَرْوِيْحَةٌ yang diartikan sebagai "waktu sesaat untuk istirahat".

Waktu pelaksanaan salat sunah ini adalah selepas salat Isya dan biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid. Rasulullah hanya pernah melakukannya secara berjemaah dalam tiga kali kesempatan.

Keutamaan Sholat Tarawih Di Bulan Ramadan

Hadis menyebutkan bahwa rasulullah kemudian tidak melanjutkan pada malam-malam berikutnya karena takut salat Tarawih akan menjadi diwajibkan kepada umat muslim.

Selain puasa wajib, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah di malam hari atau shalat tarawih dan witir. Bahkan, shalat tarawih tersebut dianjurkan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis riwayat berikut ini.

"Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni dosa yang telah lampau."(HR. Bukhari, Muslim).

Shalat tarawih merupakan salah satu ibadah yang istimewa lantaran hanya bisa dikerjakan di bulan Ramadan dan berikut keutamaan dari sholat tarawih :

Keutamaan Sholat Tarawih Di Bulan Ramadan

1. Mendapat pahala seperti orang yang salat di Masjidil Haram.

2. Dihilangkan dari siksa kubur.

3. Doa akan dikabulkan.

4. Seperti mendapat pertolongan dari Allah.

5. Mendapat balasan surga.

6. Diampuni Dosanya

Menurut salah satu hadist menjelaskan pada Bulan Ramadhan kewajiban seorang Muslim adalah melakukan puasa pada siang hari dan pada malam harinya melakukan salat tarawih.

Barang siapa yang melakukan tarawih ia akan bebas dari dosa-dosa yang pernah ia lakukan, baik itu dosa kecil maupun dosa besar.

7. Pahalanya Setara dengan Melakukan Shalat Qiyamul Lail Semalam Penuh

Apabila salat tarawih dilakukan secara jamaah bersama imam maka pahala salat tarawih akan setara dengan melakukan shalat qiyamul lail selama satu malam penuh.

8.Meningkatkan Ketakwaan dan Mendekatkan Diri pada Allah

Dengan melakukan salat tarawih setiap malam pada bulan Ramadhan adalah bentuk ketakwaan seorang hamba dalam meminta ampunan dan bentuk pasrah diri.

9. Meningkatkan Kesehatan

Apabila kita menjalankan salat tarawih dalam rakaat cukup banyak secara rutin maka hal tersebut akan berdampak baik bagi setiap sendi yang ada di tubuh kita. Selain itu salat tarawih juga bisa membakar kalori setelah kita menyantap makanan berbuka

10. Mempererat Tali Silaturahmi Sesama Muslim

Keutamaan shalat tarawih yang berikutnya adalah mempererat tali silaturahmi. Dengan melakukan salat tarawih secara berjemaah maka secara tidak langsung kita sedang melakukan salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam, yaitu silaturahmi.

Demikianlah keutamaan solat Tarawih, semoga dengan artikel ini dapat meningkatkan semangat untuk melaksanakan ibadah setiap malam di bulan Ramadan dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar