Skip to main content

10 Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan Tubuh

Rumput akar wangi lebih banyak hidup di daerah yang iklimnya tropis cenderung kering dan tumbuhan rumput akar wangi termasuk masih satu keluarga dengan padi atau serai dan termasuk dalam family poaceae.

Rumput akar wangi berasal dari negara india yang tumbuh sepanjang tahun, tanaman akar wangi dapat tumbuh sepanjang 1 hingga 2 meter. 

Bentuk tanaman ini menyerupai padi sehingga tidak jarang membuat bingung para petani untuk membedakannya dan akar wangi memiliki duri yang berwarna putih kusam serta memiliki biji yang berbentuk buliran.

Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan Tubuh

Selain digunakan sebagai wewangian, tanaman akar wangi juga bisa digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan herbal. 

Dan Akar wangi juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita..

Berikut manfaatnya...


Manfaat Akar Wangi Bagi Kesehatan


1. Mengatasi Ketombe

Siapkan berberapa batang akar kemudian tumbuk dan gosok-gosokkan pada kepala, lakukan hal ini secara rutin sebelum mandi, agar ketombe hilang.

2. Obat Demam

Demam adalah bentuk perlawanan bakteri pada tubuh khususnya jika itu terjadi pada anak-anak, namun demam dapat diturunkan dengan cepat, salah satunya adalah dengan akar wangi.

3. Obat Batu Ginjal

Kandungan dalam akar ini dapat memecahkan batu ginjal dan keluar melalui air urin.

4. Atasi Bengkak

Jika mengalami keluhan bengkak-bengkak pada tubuh, gunakanlah akar wangi sebagai obat. 

Caranya hanya menggosok-gosokkan akar tersebut pada bengkak yang ada pada tubuh. Lakukanlah sampai bengkaknya perlahan-lahan mulai hilang.

5. Sebagai Parfum Alami

Akarnya memiliki kandungan yang dapat mengeluarkan zat bau yang wangi dan cocok menjadi parfum, wangi-wangian herbal, pengharum ruangan dan sebagainya.

6. Menghilangkan bau mulut

Bau mulut memang sangat menganggu apalagi jika anda harus melakukan interaksi dengan orang lain tentunya dengan bau mulut ini bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri anda. Nah, untuk mengatasi masalah bau mulut anda juga bisa menggunakan ramuan dari akar wangi dan beberapa jenis tanaman herbal lainnya. caranya adalah dengan membuat ramuan dari akar wangi, daun pegagan, daun sirih dan kapulaga dan dijadikan sebagai obat kumur. Kumurlah secara rutin menggunakan ramuan yang sudah dibuat tadi setiap pagi dan malam hari atau saat anda merasa mulut anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Dengan menggunakan ramuan tersebut dijamin nafas anda akan menjadi segar dan bau mulut menghilang serta tingkat kepercayaan diri anda kembali seperti semula.

7. Mengobati luka

Manfaat lainnya yang ada di dalam akar wangi bagi kesehatan adalah mampu mengobati luka luar karena pendarahan yang lebih cepat kering. Caranya adalah dengan menumbuk akar wangi sampai halus dan kemudian dibalurkan ke area luka. Kemudian jangan lupa ditutupi atau dibalut dengan menggunakan perban atau kain kasa supaya zat dari akar wangi yang berfungsi sebagai penyembuh luka menjadi cepat masuk ke dalam luka dan membunuh semua bakteri. 

8. Membasmi rayap

Di dalam akar wangi terdapat zat isolaso nootkatone yang sudah terbukti ampuh dalam membasmi rayap dan berbagai jenis serangga lainnya. jadi jika dirumah anda terdapat serangga yang menganggu seperti rayap, semut, tawon dan lainnya bisa anda gunakan akar wangi sebagai pengusirnya. 

Demikian manfaat rempah Akar wangi untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan akan khasiat dan manfaat dari rempah - rempah, termasuk rempah Akar Wangi ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar