Skip to main content

Fungsi Mikrotik

 Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet. 

Atau sama juga seperti, Mikrotik adalah sistem operasi beserta perangkat lunak yang dipasang dalam sebuah komputer sehingga komputer yang sudah terpasang tersebut bisa dioperasikan. adapun komputer yag sudah terhubung dengan mikrotik berperan sebagai jantung network, pengendali, pengatur lalulintas data.

Fungsi Mikrotik

Jadi kesimpulannya yaitu Mikrotik merupakan sistem operasi khusus yang digunakan untuk router. 

Selain itu istilah Mikrotik juga akrab dipanggil dengan Router OS, punya banyak sekali fitur yang mendukung kelancaran network dan memiliki banyak sekali fungsi, sebagai berikut ini..

Fungsi Mikrotik

Mikrotik dapat digunakan pada jaringan komputer yang berskala kecil maupun skala besar, namun penggunaannya diharapkan harus sesuai dengan resource ketimbang dari spesifikasi komputer itu sendiri.

Seperti berikut :

  1. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
  2. Pembuatan PPPoE Server.
  3. Billing Hotspot.
  4. Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya.
  5. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
  6. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.

Jadi untuk fungsinya Mikrotik ini memang sangat banyak, yang akhirnya banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya, dan hasilnya mereka merasa puas dengan apa yang diberikan mikrotik, karena memudahkan setiap orang untuk pengelolaannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar