Skip to main content

Pengertian Seni Lukis Lengkap

 Seni lukis merupakan pengembangan dari kegiatan menggambar. Sebuah lukisan harus dapat menerjemahkan apa yang ada dalam obyeknya.

Ciri khas dari karya seni lukis biasanya didasarkan pada corak, gaya, teknik, bahan dan alat pada karya. Obyek yang biasanya dipakai untuk melukis, seperti flora, fauna, manusia, alam dan lingkungan.

Pengertian Seni Lukis

Untuk saat ini juga, para seniman mulai banyak bermunculan dari kalangan anak muda, yang memiliki hobi melukis dan sebagainya.

Tidak di pungkiri lagi, bahwa belum tentu semua orang memiliki hobi seni, bahkan hanya segelintir orang yang menyukai seni. Maka dari itu Seni harus selalu di kembangkan dan di perkenalkan selalu, untuk menghasilkan penerus Seni Lukis.

Dan berikut ini Pengertian dari Seni Lukis...

Pengertian Seni Lukis Lengkap

Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa yang berfokus pada kegiatan melukis. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.

Dan memiliki beberapa aliran dari Seni Lukis, seperti :

1. Surrealisme

2. Seni Fantasi

3. Kubisme

4. Romantisisme

5. Plural painting

6. Badingkut(isme)

7. Realisme

8. Naturalisme

9. Ekspresionisme

Dalam perkembangannya, lukisan dikategorikan ke dalam kebutuhan sebuah lukisan dibuat.

1. Lukisan idealis

Lukisan idealis adalah lukisan yang masih memperhatikan kebutuhan rasa untuk berkarya, dengan menuangkan segala aspek bahan, warna, efek-efek yang dihasilkan dari teknik tanpa dipengaruhi oleh faktor komersil.

2. Lukisan komersial

Dalam kebutuhan untuk menghias atau memberi aksen tambahan dalam estetika ruangan, lukisan sering menjadi aksen utama dan berkelas atas nilai seninya.

Meski sebenarnya sebuah karya seni yang bernilai tidak selalu indentik dengan nilai ekonominya, tetapi umumnya yang terjadi seperti itu. 

Adanya kebutuhan lukisan sebagai aksen interior lebih dari kebutuhan apresiasi sebuah karya seni membuat banyak lukisan yang sengaja dibuat untuk kebutuhan tersebut, dengan kata lain lukisan dibuat untuk tujuan komersial bukanlah sebuah manifestasi dari proses berkarya.

Jadi demikianlah Pengertian dari Seni Lukis, yang semoga bermanfaat dan mari kita jaga dan budayakan Seni Lukis.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar